Tuesday, June 26, 2012

Pulau Dodola, Surga dari Maluku Utara


Pulau Dodola yang bagaikan surga (Gilang Adhipratama/ACI)
Pulau Dodola di Maluku Utara, layak disebut sebagai surga. Pulau ini terdiri dari Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Kedua pulau ini hanya tersambung saat laut sedang surut dan membentuk jalan pasir. Unik!


Inilah jembatan yang menghubungkan
Dodola Besar dan Dodola Kecil
(Gilang Adhipratama/ACI)







Wilayah Maluku Utara dianugerahi oleh keindahan pulau yang luar biasa, Pulau Dodola adalah salah satunya. Pulau Dodola di wilayah Morotai, Maluku Utara, merupakan wilayah yang cantik dan sangat indah. Kecantikan pulau tak berpenghuni ini akan membuat Anda bertekuk lutut. Keindahannya akan membuat Anda diam dan terus menggaguminya.

Pulau Dodola Besar dari kejauhan (Fanny Kristiadhi/ACI)






Pulau Dodola terletak di sebelah barat Pulau Morotai. Dari Tobelo, perjalanan ditempuh menuju daruba, dan dilanjutkan dengan menggunakan seedboat menuju Pulau Dodola yang memakan waktu tempuh sekitar 20 menit. Pulau Dodola sebenarnya terbagi 2, yaitu Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil.

Hamparan pasir yang putih (Fanny Kristiadhi/ACI)
Keindahan kedua pulaunya tidak berbeda jauh. Pasir pantainya sangat putih dan sehalus bubuk, dijamin Anda betah berlama-lama berjemur di pinggir pantainya. Pemandangan lautnya yang hijau, jernih dan kebiru-biruan, akan menambah rasa kagum Anda.

Uniknya, jika sedang surut, kedua pulau ini terhubungkan oleh pasir putih. Ya, pasir putih tersebut seolah jembatan tersembunyi. Sungguh luar biasa dan sangat cantik sekali! Anda dapat berjalan di atas pasirnya selama 5 menit untuk menyeberang. Ditambah birunya laut di kanan dan kiri Anda, sungguh tak akan terbayangkan.

Suasana di pinggir pantai (Gilang Adhipratama/ACI)
Pulau Dodola juga menjadi tempat favorit snorkling dan diving. Keindahan bawah lautnya tidak kalah menawan, tercatat ada 13 titik penyelaman di tempat ini. Tidak hanya itu saja, terdapat beberapa kapal dan pesawat perang yang karam. Sebab, Morotai pernah menjadi tempat peperangan antara Jepang dan sekutu pada Perang Dunia ke-2.

Pulau Dodola memang layak disebut sebagai surga. Pulaunya yang tidak terjamah tangan usil manusia, menjadikan tempat ini begitu cantik. Ayo berkunjung ke Pulau Dodola dan banggalah menjadi warga Indonesia dengan kecantikan alam yang melimpah!

Sumber : http://travel.detik.com

2 comments: