Monday, January 21, 2013

Air Danau Way Ela Meninggi, Warga Negeri Lima Terancam Bahaya

Ketinggian air Danau Way Ela semakin meningkat. Warga Negeri Lima 
diminta waspada.
AMBON - Warga Negeri Lima, Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, terancam bahaya. Bagaimana tidak, Danau Way Ela, yang terbentuk secara dadakan akibat bencana alam di negeri itu, ketinggian airnya terus meningkat.

Peningkatan ketinggian air ini dikarenakan hujan yang terus mengguyur wilayah itu belakangan ini. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Maluku, Ismail Usemahu, yang dikonfirmasi. mengenai hal ini mengatakan ketinggian Danau Way Ela sudah mencapai 194 cm, dengan ketingian tubuh bendung 216 cm. 

Jika hujan terus mengguyur maka kemungkinan air akan terus meninggi dan berbahaya, karena bisa saja menjebol penahan air danau tersebut dan akan meluap ke pemukiman penduduk. Mencegah hal itu terjadi, kata Usemahu, pihaknya telah melakukan upaya pencegahan. “Pencegahan yang sudah kami lakukan yakni pemasangan pompa, membuat kontruksi turdein, dan dipasang pada titik rembesan dengan jumlah titik mencapai 42 titik, sehingga rembesan air yang keluar tidak membawa material,” jelas Usemahu.

Pihaknya kata Usemahu juga bersama Balai Sungai sudah merencanakan program Skilwing dan diharapkan membantu untuk mengatasi kenaikan air. “Dengan kondisi hujan saat ini jika dibilang berbahaya sudah pasti, olehnya itu masyarakat harus selalu mewaspadai setiap laporan yang masuk dari tim yang sekarang ini lagi bekerja diseputaran bantaran bendungan,” paparnya.

Selain itu untuk mewaspadai hal tersebut, pihaknya juga sudah melakukan pemasangan rambu-rambu peringatan. Kemudian untuk akses jalan ke tubuh bendung, pihak Balai Sungai juga sudah melakukan perkesan dengan sirtu. “Sehingga kedepan sudah bisa sampai ke tubuh bendungan dengan mengunakan kendaraan,” tegas Usemahu.

No comments:

Post a Comment