Friday, October 12, 2012

Sejumlah Obyek Wisata di Morotai Perlu Pembenahan

KOMPAS IMAGES/ANDREAN KRISTIANTO
Wisatawan menikmati keindahan alam Pulau Dodola, Morotai, Maluku 
Utara, Jumat (14/9/2012). Pulau Dodola merupakan salah satu obyek 
wisata di Morotai yang sedang dikembangkan oleh pemerintah daerah.
Ternate - Sejumlah obyek wisata di Pulau Morotai, Maluku Utara perlu pembenahan, padahal anggaran sektor pariwisata sangat terbatas. Kepala Bidang Perencanaan dan Program Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai, Muksin Parwis di Ternate, Jumat (12/10/2012) mengatakan, beberapa obyek wisata di Pulau Morotai belum dibenahi karena terbatasnya dana.

Pemkab Pulau Morotai saat ini akan memfokuskan perhatiannya khususnya di wilayah Morotai Selatan saat ini antara lain Pulau Dodola, Pulau Sum-sum, air terjun Nakamura, Pulau Galo-Galo kecil, dan pulau-pulau yang ada di wilayah Kecamatan Morotai Selatan.

"Saat ini untuk penataan  obyek wisata di Kabupaten Pulau Morotai masih terfokus di beberapa titik wilayah Kecamatan Morotai Selatan, sehingga untuk obyek wisata di luar wilayah Kecamatan Morotai Selatan masih dalam taraf perencanaan lima tahun ke depan," katanya.

Sedangkan untuk obyek wisata yang dianggap bagus dan di luar wilayah Morotai Selatan, masih akan dimasukkan program 5 tahun ke depan untuk penataannya.

"Adapun tempat-tempat wisata di luar wilayah Morotai Selatan seperti Pulau Tabailenge, Batu Kopi dan lain-lain kita masukkan program lima tahun ke depan, karena pengunjungnya masih kurang," kata Muksin.

Obyek wisata di Kabupaten Pulau Morotai sebenarnya masih banyak, seperti Tabailenge, Batu Kopi dan obyek wisata lain. Namun hal itu kurang dimanfaatkan oleh pemda. Padahal untuk Tabailenge ataupun Batu Kopi lokasinya juga tidak kalah menarik dengan Pulau Dodola yang saat ini menjadi ikon wisata di Pulau Morotai.

Muksin menambahkan, apabila Pemkab bisa menata Tabailenge yang ada di Morotai Utara ataupun Batu Kopi di Morotai Selatan Barat, dipastikan para wisatawan banyak yang datang ke sana, sehingga wisatawan akan bisa membedakan obyek-obyek wisata yang ada di Pulau Morotai.

No comments:

Post a Comment