Friday, December 21, 2012

Menguak Potensi Wisata Seram Bagian Timur

Danau Sole, Amarsekaru Kabupaten Seram Bagian Timur
KABUPATEN Seram Bagian Timur (SBT) memiliki keanekaragaman potensi wisata.  Potensi wisata itu meliputi wisata budaya, seperti Tari Lenso dari Kecamatan Werinama. Tarian ini merupakan tarian masyarakat di Kepulauan Maluku pada umumnya. Tari Lenso biasanya dilakukan pada saat prosesi pelantikan raja-raja. 

Ada juga Tari Wali-Wali Wosa, Tari Kabata yang dilakukan pada saat prosesi perkawinan anak anak raja sebagai bentuk penghormatan dan Tari Tata Kora, tarian ini berasal dari Desa Dai, Kecamatan Pulau Gorom.
Tari Tata Kora menggambarkan ikatan emosional masyarakat SBT dengan Kepulauan Kei, karena merupakan asal mula sejarah perjalanan hubungan pela antara masyarakat Kepulauan Kei dengan Kabupaten SBT. Para pemuda-pemudi sering membawakan tarian ini untuk mengingat kejadian masa lampau dan menggambarkan peristiwa atau kejadian kejadian yang terjadi. 

Di sampiang tari-tarian di atas, ada juga Tari Sawat atau Tarian Pergaulan. Tarian ini dilakukan untuk menghormati atau menyambut tamu pada saat acara acara adat, pelantikan raja dan bahkan dipentaskan pada acara acara lokal atau daerah setempat. Tari ini pun biasanya dipertunjukkan dengan iringan Tifa Sawat dan seruling.

Kabupaten SBT juga kaya akan potensi wisata alam. Salah satunya adalah Pantai Englas yang terletak di sebelah barat kota Bula. Bagi wisatawan yang sedang menikmati keindahan Pantai Englas, dapat mengarahkan pandangan ke sebelah barat. Di sana tampak terbentang Tanjung Sesar dengan segala pesonanya. 

Wisatawan domestik yang berkunjung biasanya menikmati ikan bakar hasil tangkapan sendiri dengan jaring yang disewa dari penduduk setempat. Situasi dan kondisi alam yang asri, pohon-pohon kelapa dan kasuaria yang tumbuh sepanjang pantai, dipastikan memberikan kesan yang damai dan tenang. 

Pantai Englas dikenal sebagai pantai yang indah, berpasir putih dengan air lautnya yang jernih serta pemandangan alamnya yang eksotik. Saat ini objek wisata Pantai Englas kerap digunakan sebagai tempat rekreasi, renang dan memancing. Bagi wisatawan yang sudah tiba di Kota Ambon, Pantai Englas bisa menjadi salah satu agenda tujuan wisata. 

Lokasi menarik lainnya adalah Pulau Kon. Pulau ini berada di tengah lautan. Perjalanan dari kota Kecamatan Seram Timur, Geser, ke Pulau Kon hampir 1 jam menggunakan kapal motor. 

Selain memiliki lingkungan alam yang asri di kawasan laut sekitar pulau ini juga memiliki potensi wisata bawah laut yang eksotik. Melalui aktifitas snorkling dan diving, wisatawan akan menikmati semua pesona alam bawah laut itu, sama dengan pesona yang ditemukan dalam pengalaman wisata di Pulau Karang Bais di Bula, maupun Danau Sole di Amasekaru. (HIR)

Sumber : http://www.ambonekspres.com

No comments:

Post a Comment