Thursday, December 20, 2012

Ternate Manfaatkan HKSN untuk Promosi Pariwisata


Ternate Manfaatkan HKSN untuk Promosi Pariwisata

Ternate: Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara memanfaatkan momentum peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) pada 20 Desember 2012 yang dipusatkan di daerah ini untuk mempromosikan potensi pariwisata setempat.

“Banyak tamu dari Jakarta dan berbagai daerah di Indonesia yang hadir pada peringatan HKSN Tingkat Nasional di Ternate, jadi Pemkot Ternate memanfaatkan momentum ini untuk sekaligus promosi wisata,” kata Wakil Wali Kota Ternate, Arifin Djafar di Ternate, kemarin.

Para tamu tersebut diharapkan sekembalinya ke daerah masing-masing akan menceritakan berbagai potensi wisata yang ada di Ternate kepada keluarga atau rekannya, sehingga mereka bisa tertarik untuk berkunjung pula di Ternate.

Arifin mengatakan, Pemkot Ternate telah menjadikan sektor pariwista sebagai salah satu sektor unggulan, untuk meningkatkan pendapatan daerah dari masyarakat setempat karena Ternate memiliki banyak potensi wisata yang menarik.

Potensi wisata yang ada di Ternate di antaranya peninggalan sejarah, baik yang terkait dengan Kesultanan Ternate maupun Kolonial seperti berupa benteng, selain itu wisata bahari, Danau Tolire dan panorama alam.

Oleh karena itu, menurut Arifin Djafar, Pemkot Ternate selalu berupaya memanfaatkan setiap momentum yang menjadi sarana untuk mempromosikan potensi wisata di daerah ini, seperti pelaksanaan peringatan HKSN Tingkat Nasional di Ternate.

Upaya lainnya yang selama ini telah pula dilaksanakan Pemkot Ternate untuk mempromosikan potensi wisatanya adalah diikuti kegiatan promosi wisata diberbagai daerah di Indonesia serta menggelar kegiatan wisata di Ternate, seperti Festival Legu Gam setiap awal April.

Pemkot Ternate juga memanfaatkan pelaksanaan peringatan HKSN Tingkat Nasional di Ternate tersebut untuk mempromosikan berbagai produk kerajinan khas di daerah ini, seperti kerajinan perhiasan besi putih, kerajinan batik ternate, kerajinan bambu dan produk olahan pala berupa sirup dan selei.

Peringatan HKSN Tingkat Nasional di Kota Ternate yang akan dihadiri Wapres Boediono, diisi dengan berbagai kegiatan seperti bedah rumah, dan pelayanan kesehatan gratis serta pemberian bantuan kepada sejumlah rumah sakit dan sekolah di daerah ini. (Kom/Ant)

No comments:

Post a Comment