Sunday, July 15, 2012

126 Jenis Burung Indonesia Terancam Punah

Elang Flores, salah satu burung asli Indonesia yang terancam punah
BOGOR - Indonesia termasuk negara megabiodiversity dengan kekayaan burung sebanyak 1.597 jenis atau 16 persen dari total 10 ribu jenis burung di dunia. 

Dengan jumlah itu, Indonesia menjadi pemilik burung terbanyak di dunia kelima. Namun kebanggaan itu berganti dengan rasa kekhawatiran.

Pasalnya, dari 1.597 jenis sebanyak 126 jenis di antaranya kini terancam punah. Padahal, burung-burung itu merupakan makhluk yang memberikan banyak manfaat bagi manusia. 

Burung berandil besar terhadap regenarasi hutan dan berfungsi sebagai indikator alami kualitas lingkungan. Dari 126 jenis yang terancam punah, 19 berstatus kritis, 33 genting, dan 74 berstatus rentan. 

Hal itu terungkap di hari perayaan keragaman burung di Indonesia yang jatuh setiap tanggal 15 Juli juga hari ulang tahun Perhimpunan Pelestarian Burung Liar di Indonesia (Burung Indonesia) yang ke-10 di Kebun Raya Bogor, Minggu (15/7). 

Secercah asa, agar kesadaran melestarikan dan melindungi sumber daya alam hayati di Indonesia berubah dan meningkat, Burung Indonesia meluncurkan empat perangko seri Burung Terancam Punah Indonesia. 

Dalam peluncuran itu, Burung Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Kehutanan serta Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Keempat jenis burung terancam punah Indonesia yang menghiasi perangko tersebut elang flores (Nisaetus floris), mandar gendang (Habroptila wallacii), celepuk siau (Otus siaoensis), dan burung madu sanghie (Aethopyga duyvenbodei). (DD/OL-5)

No comments:

Post a Comment