Sunday, July 15, 2012

Toyota Auto Body Tanam Sejuta Pohon di Hutan Mangrove

BEKASI - PT Toyota Auto Body menargetkan menanam sejuta pohon di kawasan hutan mangrove Ujung Karawang yang dilindungi di Bekasi Utara, Jawa Barat. 

Itu merupakan bentuk kepedulian lingkungan dari salah satu unit usaha di Toyota Motor Corporation itu. 


"Program tersebut kami lakukan dalam waktu lima tahun yakni 2011-2016. Tahun lalu kami telah menanam 200 ribu pohon di lahan seluas 26 hektare," ujar Senior Managing Director TAB Shinobu Ichikawa, Bekasi, Sabtu (14/7). 

Pihaknya memahami bahwa kelangsungan produksi usaha juga tergantung dari pemeliharaan lingkungan. Penanaman pohon merupakan kepedulian perusahaan pada lingkungan selain membuat kendaraan yang beremisi rendah. 

Penanaman dilakukan di kawasan hutan lindung tersebut karena anak perusahaan TAB yakni PT Sugity Creatives beroperasi di sekitarnya. 

"Penanaman pohon bakau di hutan mangrove ini juga dapat membangun ekonomi petambak yang tinggal. Adanya hutan mangrove menjadi ekosistem berkembangnya ikan, udang, dan kepiting," tutur Shinobu. 

Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin menyambut aksi perusahaan asal Jepang itu. Ia menambahkan bahwa selain mengembangkan ekosistem laut, penanaman di mangrove dapat meminimalisasi abrasi atau pengikisan pantai dari air laut. 

"Lalu kawasan mangrove juga bisa menjadi tempat wisata dan pendidikan bagi siswa sekolah," kata Neneng. (*/OL-5)

No comments:

Post a Comment