Monday, July 2, 2012

Taruna Kumpulkan Data Terumbu Karang

KOMPAS/INGKI RINALDI 
Terumbu karang Montipora sp dikelilingi ikan indikator dalam perairan 
Pulau Pisang Gadang, Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (26/5/2012). 
Kerapatan terumbu karang baru mulai terlihat di kawasan perairan itu 
setelah upaya konservasi dilakukan warga setempat.

PADANG - Enam taruna Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta, mengumpulkan data keragaman terumbu karang di Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Pengumpulan data dilakukan di Pulau Pisang Gadang, Pulau Pagang, Pulau Sironjong, Pulau Sikuai, Pulau Sirandah, dan Teluk Buo.

Pengumpulan data yang dilakukan dengan penyelaman itu dilakukan sejak Sabtu (30/6/2012). Perekaman data dilakukan dengan pendampingan oleh penyelam dan peneliti dari Yayasan Minang Bahari.

Dari penyelaman di Pulau Pisang Gadang pada Senin (2/7/2012) diketahui terlihat keragaman terumbu karang tutupan baru. Menurut peneliti dari Yayasan Minang Bahari, Samsuardi, tutupan baru itu diperkirakan mulai muncul antara tiga hingga lima tahun lalu.

Adapun taruna yang melakukan kegiatan itu berasal dari Jurusan Teknologi Pengelolaan Sumber Daya Perairan yang menjadi utusan daerah. Masing-masing adalah Yusri Handa Rini (Padang), Veronica Debora Sipayung (Medan), Indah Mulyani (Jakarta), Aal Halimatusy diyah (Karawang), Harun Siregar (Padang Sidempuan), dan La Ode M Kaimu (Buton).

No comments:

Post a Comment