Sunday, July 15, 2012

Bob Carr Kagumi Pahatan Relief Borobudur

Stupa pada candi Borobudur
MAGELANG - Menteri Luar Negeri Australia Bob Carr mengagumi kehalusan pahatan relief yang terdapat di dinding Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 


Ketertarikannya tersebut disampaikan saat mengunjungi candi peninggalan Agama Buddha dari Wangsa Syailendra tersebut, Minggu (15/7). 

Bob Carr mengaku takjub. Menurutnya ini merupakan kunjungannya yang pertama kali. Sebelum ini ia belum pernah berkunjung ke Borobudur. Karena itu ia menanyakan setiap detil, seperti tahun berapa Candi Borobudur dibangun, tanaman apa saja yang terdapat dalam relief. 

Pemandunya dari Arkeologi UGM Yogyakarta menjelaskan meski kisah-kisah agama Buddha berasal dari india, namun dalam relief yang terdapat di dinding candi menggambarkan lingkungan di indonesia. 

Salah satu relief Candi
Dalam kunjungan itu, Bob Carr juga menanyakan apakah pada saat Gunung Merapi meletus, candi Borobudur terpengaruh dampaknya. Dia juga bertanya bagaimana cara membersihkan candi tersebut. 

Bob Carr menilai proses pembersihan candi sangat rumit karena harus membongkar lantai candi. Pada bagian lain, bob carr menjelaskan bantuan yang diberikan pihak pemerintah Australia. 

"Australia beri dana pada local people enpowerment lewat UNESCO," kata Bob Carr.

No comments:

Post a Comment